Udah baca belum?
Cari.. cari.. carilah..

~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~

15 Fakultas Kedokteran terbaik Indonesia

sumber: PDAT

Survei ini dimaksudkan untuk mengetahui peringkat Perguruan Tinggi (PT) pada masing-masing program studi (prodi), sehingga diharapkan para pembaca terutama pada calon mahasiswa maupun orang tua yang memiliki anak yang hendak memasuki PT memiliki pengetahuan yang cukup mengenai perguruan yang akan dipilih.

Dalam survei ini, yang menjadi responden adalah para ketua program studi.
Mereka dipilih karena telah mengenal serta memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai program studi yang dipimpinnya.

METODOLOGI

Berdasarkan survei yang dilakukan PDAT (Pusat Data Analisa Tempo) dari bulan Januari sampai Februari 2007, sebanyak 183 ketua program studi dari 9 jenis Prodi mengembalikan kuesioner yang dikirimkan.
Program studi itu diantaranya Akutansi, Hukum, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Manajemen, Sastra Inggris, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika.


Dalam survei ini masing-masing responden memilih 10 PT terbaik berdasarkan jenis Prodi.
Disamping itu para responden mengisi data-data akademik prodi yang mereka pimpin.
Untuk mendapatkan peringkat PT terbaik digunakan metode analisi pemeringkatan Thurston.
Pengukuran diambil dari peringkat PT yang disebut responden dari peringkat 1 (terbaik pertama) sampai peringkat 10 (terbaik ke-10).
Dengan metode ini dapat dilihat bagaimana perguruan yang satu memperoleh peringkat lebih tinggi dibandingkan PT lainnya.

TEMUAN KUNCI

Sebagian besar PT yang masuk the Best Top 10, adalah PTN serta PT yang berada di Jawa, sebanyak 61% dari PT yang masuk urutan 10 besar berstatus negeri dan 90% berada di Jawa.

TOP PRODI KEDOKTERAN

1. UI (BHMN) - Jakarta

2. UGM (BHMN) - Yogyakarta

3. UNAIR (BHMN) - Surabaya

4. UNPAD (Negeri) - Bandung

5. UNDIP (Negeri) - Semarang

6. UNHAS (Negeri) - Makkasar

7. USU (BHMN) - Medan

8. TRISAKTI (Swasta) - Jakarta

9. UNSRI (Negeri) - Palembang

10. UDAYANA (Negeri) - Denpasar

11. ATMAJAYA (Swasta) - Jakarta

12. ANDALAS (Negeri) - Padang

13. UNIBRAW (Negeri) - Malang

14. Maratha (Swasta) - Bandung

15. UNS (Negeri) - Surakarta


329 komentar:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 329   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim mengatakan...

:-o
gila

Anonim mengatakan...

Berdasarka website international terpercaya( bnyk orang percaya, jd ngikut menyatakan bahwa FK-UGM lebih baik dibandingkan FK-UI
liat dr http://www.topuniversities.com/worlduniversityrankings/results/2008/subject_rankings/life_sciences_biomedicine/

dan anda akan melihat bahwa FK-UGM sangat jauh di atas FK-UI

am i clear?

Anonim mengatakan...

yupz... FK UGM emankz > bagus dr UI (dosen UI jg mengakui kok) UI tuh menang d alat2ny ja... mereka FK yg paling lengkap alat2 kedokteranny...!!! itu g sesuai urutan kan??? kalo sesuai urutan, itu SALAH BESAR kaleee... coba deh cek yg SWASTA ny!!! yg ada MARANATHA d atas TRISAKTI kaleee...!!! terakhir kali kan kemaren ada peringkat terbaru (2008)...!!!

Anonim mengatakan...

TRISAKTI ma ATMAJAYA ja maseh bagusan ATMAJAYA... secara FK SWASTA yg bagus kan MARANATHA ma ATMAJAYA...!!! d bdg ja UNPAD ma MARANATHA bagusan... no comment!!! tanya ja lah ma orang bdg,hahaha...!!!

Anonim mengatakan...

TRISAKTI ma ATMAJAYA jelas bgusan TRISAKTI lah..

congek mengatakan...

:))
Bnar2 ga penting

anita mengatakan...

trisakti peringkat tiga sekarang woi

Anonim mengatakan...

jgn saling melecehkan! mau dari FK UI, FK UGM, FK trisakti, Fk atma , ataupn maranatha sama saja.semua lulusan juga dokter, jadi sesama teman sejawat jangan saling melecehkan..
belum tentu kamu yang melecehkan lebih baik dari pada yang dilecehkan

Anonim mengatakan...

Sudah sudah hentikan....

kita harus menggalang persatuan diantara kolega...

mari berjalan di jalan yg benar

gigi mengatakan...

kyagnya rangking 15 besarnya salaah deeh ,
urutannya gag benerr bangeet
kalo urutan 1 mpe 5 c benerr ,
beitu kebawaa , wow salaa besarr

Anonim mengatakan...

masuk fk udah syukur.

Anonim mengatakan...

muDAH2AN tetep bisa jadi dokter yang baik walaupun bukan di univ yang penggang peringkat...amiiiinnnn
walaupun pux fasilitas yg bagus + hebat tapi kalo yang makex g bgs + hebt g da gunax jg to'...jadi semuax hrs selaras...ga bkn kantong orang tua jadi kering.....

Anonim mengatakan...

saya setuju! atmajaya di atas trisakti!

dr. rama mengatakan...

memang menurut pertemuan IDI soal pendidikan kemarin2 ini, swasta yg terbaik adalah fk atmajaya.. tapi ingat, yg menentukan adalah diri sendiri bukan almamaternya.. oke?

Anonim mengatakan...

halo, kalo fk unpad bagus gaak tuuh?

Anonim mengatakan...

weehh weeehhh
UNIBA (Univ Batam) nyusul neee...
:D
FK nya emang baru 2 taon.. tp pembelajaran nya udah TOP bngd dah ah!!!!
hidup FK UNIBA!!!!!!
chayyooo!!!!
:D

Anonim mengatakan...

aku mau masuk fk tapi kira - kira kiat - kiatnya apa y ???

Anonim mengatakan...

loh maranatha sama trisakti bagus maranatha?bagus trisakti lah
orang maranatha habis buang anak ke FKGnya setelah anak itu pindah trisakti si maranatha gencar amat ngejar thu anak sampe dipindah ke FK dia..

Anonim mengatakan...

Woy UNUD dah stingkat UI skarang Woyyyyyy....!!! mancanegara dah banyak yang nyari...........!!!! :p

Anonim mengatakan...

ingetn kesuksesan ada di tangan kalian sendiri,..bukan dari status universitas itu,,,

tetep semangad !

Anonim mengatakan...

semua sudah lulus,,sama aja jadi dokter,,,,
pasien pun ga bakal tanya anda lulusan apa baru mau periksa diri kan??hahahaha

Anonim mengatakan...

inget...kalo dah pada lulus..semua saja aja jadi dokter,,,
pasien juga ga bakal tanya lulusan mana,dll
asal bisa obatin orang dengan benar itu udah namanya dokter profesional...dan dapat di katakan dokter dengan lulusan baik...

ya ga??

Anonim mengatakan...

:)
ribut bener...
mao dikata masuk FK UI pi anak'na gak kompeten ya tetep aja jelek....
tergantung org dunk,,
mao sebagus apa t sistem pi si anak rada gimana gitu tetep ajah gak worthed...

intinya ntar klo dah lulus saling kerjasama lah...
toh sama'' belajar hal yg sama...
saling menghargai t juga penting...
org negri belum tentu tau banyak dari org swasta begitu juga sebaliknya....
Qta (yg FK ya) kerja sebagai tim dan tanggung jawab terhadap nyawa org...
jadi buang t gap swasta ma negeri....
kpn kompaknya klo terus''an ada gap gitu....

_chiaki_

Anonim mengatakan...

lah nek universitas malahayati

Satria mengatakan...

FK UNIBA bagus !

eang bener aj
belum ada akreditasinya x bro
malahan bagusan anak D3 Keperawatan ama S1 Keperawatan
haa :)

ne serius lo
FK na gak ada komptensi na
masa anak dr sma jurusan IPS bisa masuk
Anak dari SMK bisa masuk juga

ia sih emang di FK UNIBA murah meriah bnged uang SPP Na !

Anonim mengatakan...

weehh weeehhh
UNIBA (Univ Batam) nyusul neee...
:D
FK nya emang baru 2 taon.. tp pembelajaran nya udah TOP bngd dah ah!!!!
hidup FK UNIBA!!!!!!
chayyooo!!!!
:D


gue sanggah
FK UNIBA bagus !

eang bener aj
belum ada akreditasinya x bro
malahan bagusan anak D3 Keperawatan ama S1 Keperawatan
haa :)

ne serius lo
FK na gak ada komptensi na
masa anak dr sma jurusan IPS bisa masuk
Anak dari SMK bisa masuk juga

ia sih emang di FK UNIBA murah meriah bnged uang SPP Na !

Anonim mengatakan...

setuju bgd ma y komentarin UNIBA..

Mahasiswinya Aja 3 orang y lari keMKS.. NGa puas dgn pelayanan di UNIBA....

Anonim mengatakan...

semuana kok ributt ce??????aku ja yang msih smp sampe' bingung

Anonim mengatakan...

aku ce pengen ambil jurusan kedokteran tapi aku lagi bingung nih..........semuana lagi ribut-ributhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gifhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/7.gif

Anonim mengatakan...

mau UI , UGM apapun bktikan skillnya...
biar kata keren tp tergantung orangnya coy
skill unhas nomor 1..

Anonim mengatakan...

fuck KaLiaNN sSemUaAa,,, =))
akYuhH se7 aDjah d9n prin9KAdtH iInii
djoeaNcHoeKxxxxXX b-(
n9EnnTIaW
PhanhTexzzz

Anonim mengatakan...

Bersyukurlah kalian yang bisa kuliah di FK, apa pun itu Universitasnya berusahalah semaksimal mungkin jangan saling menghujat. Walaupun FK ane ngga masuk 5 besar tapi ane bersyukur. Banyak orang di luar sana lebih pantas masuk FK, tapi ngga ada biaya.

evanzling mengatakan...

bwat satria,,
memang FK uniba belum terakriditasi,,,
karena angkatan FK masih berjalan 2tahun,,
dan syarat pengakreditasian sendiri melihat angkatan yang telah diluluskan memenuhi kriteria akreditasi a,b atau hanya disamakan,,,

dari semua universitas swasta,semua dari awal sama mereka memerlukan perjuangan awal untuk memajukan universitasnya,,,

soal nak ips atau smk itu tergantung testnya dia mampu taukah tidak mengikuti jurusan tersebut.

soal lulusan kedokteran manapun itu tergantung skill yang dimiliki, meski dia dari universitas yang paling maju apabila skillnya kurang,,,patinya dia akan dikucilkan,,,

Anonim mengatakan...

Bener, yang penting skill donk..
Unhas bagus praktekx, semester 1 dah bisa nyunat.. tapi alat praktek kurang dibanding UGM. UNCEN, lulusanya gaji pokoknya aja bisa 10 jt/bulan. FK Uniba punya semangad juang tinggi..
Semua punya kekurangan dan kelebihannya..
kembali ke kita aja, serius g belajarnya.., n tentu rejeki kita,,

Meski emg g bisa dipungkiri, Kualitas Universitas juga mempunyai gengsi tersendiri..
Tapi yang penting perjuangan kita semua..

Semoga nanti kita bisa menjadi dokter yang baik..

fadli unpad mengatakan...

coba donk yg ribut2 di atas kalo emang anak FK MANAPUN MALU,,kaya kagak belajar ilmu biostatistik & epidemiologi aja... ini hasil penelitian dgn penjelasan metodologi dll yg peneliti pake...apalagi ini survey yg bersifat subjektif dgn mungkin bnyk bias... kalo pengen bantah buat penelitian baru dgn metode atau sample yg lebih besar utk lebih valid bukan cuma ngomong tong kosong dgn opini masing2...kagak ngerti EVIDENCE BASED yah??malu donk wahai teman sejawat

fadli unpad mengatakan...

& 1 lagi yg ribut2 paling utama tu SKILL SKILL SKILL ngaco abis...jadi dokter tu 3 hal,, afektif,kognitif&psikomotor...elu skill jago tapi otak kosong cuma jadi robot & pesuruh tindakan doank,,otak brilian tapi skill ga ada kagak bisa kerja apa2,,& yg terpenting mau elu jago skill & otaknya pinter abis tapi kagak punya moral & etika kedokteran ke neraka aja... jelas wahai teman sejawat

Anonim mengatakan...

FK UGM terkenal diluar negeri karena peleitiannya yang bagus, tapi lebih banyak ke peniltian pre Klinik. Kalo klinisi yang bagus ya di FK UI ama FK UNAIR, rumah sakit pendidikannya (RSCM dan RS Dr.Soetomo) lebih ramai dan lebih banyak kasus daripada RS. Sardjito milik UGM :))

Anonim mengatakan...

weleh2 yaelah.gitu aj ribut.

Anonim mengatakan...

heyyyyyy..... kuliah dimana aja asal orangnya "bener" mah ok ok ajaaa... kalo ada yang keterima di UI, UGM , ato PTN favorit lainnya tapi orangnya ga beres ya sama ajhaa... berbahagialah ornag yang udah keterima kedokteran.... smoga gw bisa nyusul jadi dokter.... amennn !!!!

Anonim mengatakan...

Eh...trisakti kuota anakny brpa org siii????
bnyk gg?

Anonim mengatakan...

PENTING,FK DIMANA-MANA SAMA SAJA.

Anonim mengatakan...

TP KLU MMG MAU MENGURUTKAN,MENURUT AKU NEGERI LEBIH HEBAT DARI SWASTA.

Anonim mengatakan...

NEGERI SELALU LBH BGS DARI SWASTA.

Anonim mengatakan...

JURUSAN IPA,YA TETAP JURUSAN IPA,TIDAK BOLEH DISAMAKAN DENGAN JURUSAN IPS. IPA BOLEH MASUK JURUSAN IPS,TP IPS TIDAK BOLEH MASUK JURUSAN IPA.

Anonim mengatakan...

INFORMASI,AKREDITASI FK TRISAKTI MENURUN

Anonim mengatakan...

Kayaknya TRISAKTI kuotanya bisa mencapai 300

Anonim mengatakan...

percaayalah pada sistem

Anonim mengatakan...

okelah kalau begitu.......,:-/

Anonim mengatakan...

klu Trisakti dengan Atmajaya,lebih bagusan Atmajaya,karena universitas yang sudah punya RS, atau RS pendidikan tetap,punya data rekam medis yang berguna bagi pengetahuan mahasiswanya.

Anonim mengatakan...

yang kutahu dari smua FK negeri yang murah FK UNS.

Anonim mengatakan...

duh adik2 dokter udah banyak sekarang .... ga usah ribut2 belum tentu kalo uda tamat pasien kalian rame.
........ jangan trlalu almamater minded! real life is out there. Pasien kalian yang akan menilai nanti. jangan sok pinter, se jago2nya kalian tetep Tuhan yang menentukan semua.

Journey of True Love mengatakan...

ternyata yg komen disini para calon dokter, saya gak nyangka, obrolannya gak mencerminkan.

Anonim mengatakan...

=))

Anonim mengatakan...

kita menilai keunggulan universitas karena, itu juga bisa menjadi tempat kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tambahan. Namun,yang namanya FK dimana2 sama saja. Klu bisa tamat dgn wkt 5 tahun itu sdh paling bersyukur. Namun,disisi lain biasanya kualitas universitas pendidikan kita juga menunjang kita.

Anonim mengatakan...

aku tetap bersyukur kok.krn peringkt FKku msk 50 bsr peringkt dunia.

Anonim mengatakan...

lebih baik kita semua memajukan nama universitas kita masing2 tempat kita mendapatkan ilmu. Pasti ada kebanggan kita sendirikan klu nama universitas kita masuk dalam Top University teratas :-*

Anonim mengatakan...

http://www.timeshighereducation.co.uk/hybrid.asp?typeCode=438. Pasti kita akan senangkan, kalau dalam peringkat diatas banyak diduduki oleh universitas dari indonesia.

fida mengatakan...

ya tuhan.,aku kok tambah pusng aja si.,dimanapn univ. negri yg KAU beri untk ku.,aku tau tulah yg terbaik.........,

Anonim mengatakan...

saya yang membacanya malu.,
kita sama sama anak FK.,
jangan malah saingan.,

tunjukkan kalau kita bisa.,
inget doker yang baik punya soft skill yang baik.,
yang gak bisa didapat dari pembelajaran dikampus.,
tetapi dari diri sendiri dan ketekunan.,

tetap berusaha dan mulailah belajar berempati kepada siapapun.,

kalau gini terus pasien bakal tambah banyak yang lari keluar negeri.,

Anonim mengatakan...

semoga Tahun ini aku lulus di salah satu FK PTN.AMIN

Anonim mengatakan...

,, semua fakultas sama koq ,, pastii bkalann memberii yg terbaiik buat mahasiswanyaa ,,;)

Anonim mengatakan...

MAKE FK TRISAKTI UR LAST CHOICE TO BECOME A DOCTOR!!!

gw anak fk 3sakti yang udah ngejalanin 90% program fk trisakti buat jadi dokter...n gue kecewa banget sama kampus ini.n gue niat banget ngasi tau smua alesan knapa gw ga recomend elo-elo pada mau masuk fk trisakti..
1. kalo masalah duit ga usah ditanya,emang
mahal..universitas lain juga mahal,tapi mereka
rata2 punya RS sendiri,kita smua tau 1/3
pendidikan dokter dijalanin di RS..nah sekarang
trisakti ga punya RS sendiri...which is kita
harus ngantri buat 1/3 masa pendidikan
kita...lama yah
2. Karena kita numpang tanpa ada perlindungan dari
kampus, makanya Pihak RS ga menghargai
kita... kita dipaksa puas sama nilai C...yang
mana nilai itu akan ngehambat kita saat ingin
ngambil program spesialisasi...itu kenapa
sedikit sekali anak lulusan FK trisakti yang
jadi spesialis..lo mau kaya gitu?
3. Pihak dikjar kampus sama sekali ga mikirin
kepentingan kita..koas...bagi mereka kita
seperti barang yang harus diatur tanpa punya
perasaan,tanpa punya keterbatasan...yang jadi
alasan mereka adalah mereka repot,banyak yang
harus kerjain.jadi mereka ga punya waktu buat
ngurusin koas yang punya keperluan khusus..
Sementara waktu kita koas,besar kemungkinan lo
akan dapet masalah, atau keadaan yang butuh
penyesuaian,dan lo berharap kampus akan
paham,dan ternyata lo akan kecewa..
4. ketika lo koas lo harus siap dikirim ke antah
berantah buat ngejalanin siklus...tanpa punya
pilihan, tanpa punya kepastian di daerah itu lo
akan tinggal dimana, berapa biaya ekstra yang
akan lo keluarin, itu smua urusan lo ...kampus
ga mau ikut campur..lo akan ngerasa ga bisa
dapet dukungan dari kampus lo..lo ngerasa
sendiri..
Universitas lain juga mengirim koasnya untuk
koas di luar jakarta...tapi dengan pilihan,
dengan kepastian,dengan cara

Anonim mengatakan...

nyambung yang diatas..

gue kecewa udah masuk kampus ini,tapi terlalu kalo mau mundur..

gue cuma pengen orang2 yang mau milih FK trisakti, tau sebener2nya kampu macem apa yang mereka pilih...
smua omongan gw boleh di konfirm ke anak2 trisakti,kalo bisa yg udah koas yah..karena kalo masi di kampus paling mereka baru ngerasain alesan no.1 aja..
coba banyak cari tau,banyak nanya kalo mau masuk universitas..karena lo akan ngabisin banyak waktu disana, ngeluarin banyak biaya... cari universitas yang worth it..yang ga ngerugiin elo..
gue cuma ga pengen ada orang yang ngerasain yg gue alamin..selagi punya waktu,punya pilihan coba pikir lagi untuk masuk fk trisakti..


for ur information,fk triakti udah daper somasi akan di turunkan akreditasinya,karena sampe taun 2008 belum ada anak trisakti yang ikut Ujian kompetensi...knapa bisa begitu..karena belum ada yang lulus,knapa begitu karena koas ga dipikirin sama pihak kampus,knapa begitu liat lagi message diatas....

3rd EIDCP & 5th SOE 2010 mengatakan...

daripada ribut2, aye mau numpang ngasi info seminar nih..hehe.. thx..

PLD FKUI 2010 bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) mempersembahkan:

THE 3rd NATIONAL SYMPOSIUM OF EMERGENCY IN DAILY CLINICAL PRACTICE (EIDCP) and 5th SYMPOSIUM ON EMERGENCY (SOE) "Be Professional in Emergency!"

14-16 Mei 2010
Flores Hall, Hotel Borobudur, Jakarta
AKREDITASI IDI 12 SKP!!REGISTER NOW!

Bagi anda yang belum registrasi, dapatkan kesempatan emas dan luar biasa ini!! EIDCP memberikan kesempatan daftar simposium hanya IDR 850.000 bagi GP (khusus tanggal 3-4 Mei 2010).. dan IDR 750.000 bagi mahasiswa kedokteran yang mendaftar kolektif melalui senat/TBM di kampus masing2 (hingga 7 Mei 2010).. don't miss it!!
syarat dpt dibaca di http://www.facebook.com/topic.php?uid=111813248851463&topic=48

CONTACT PERSON
> Erna : (021) 3190 8033 / 0852 7850 3488
> Mifta: 0852 1760 2009

Untuk informasi kerjasama dan sponsorship hubungi:Retno: 021 92557027

Anonim mengatakan...

ga penting.......obat mahal,,,,kesehatan mahal,,,,biaya dokter mahal,,,,kuliah kedokteran mahal,,,,"mikir dah betapa beruntungnya kalian"....orang miskin g bisa tuh kaya kalian,,,,,eh malah pada ngebacot yang g penting....

Anonim mengatakan...

bwat satria,,
memang FK uniba belum terakriditasi,,,
karena angkatan FK masih berjalan 2tahun,,
dan syarat pengakreditasian sendiri melihat angkatan yang telah diluluskan memenuhi kriteria akreditasi a,b atau hanya disamakan,,,

dari semua universitas swasta,semua dari awal sama mereka memerlukan perjuangan awal untuk memajukan universitasnya,,,

soal nak ips atau smk itu tergantung testnya dia mampu taukah tidak mengikuti jurusan tersebut.

soal lulusan kedokteran manapun itu tergantung skill yang dimiliki, meski dia dari universitas yang paling maju apabila skillnya kurang,,,patinya dia akan dikucilkan,,,
============== SANGGAH ======================

test apaan ?

gue juga kmaren ikutan test di FK UNIBA
soal nya sama dengan Anak D3 Keperawatan

padahal jawaban gue sama ama anak Perawat ntu ( kerja sama ) hhe

temen gue gak LULUS TEST
malahan gue eang lulus test na padahal gue kan LULUSAN SMK KELAUTAN
gak ngerti ap ap soal ILMU DASAR

hha
brarti FK na kan cuma mentingin UANG UANG UANG gak Kualitas na ?

Anonim mengatakan...

hebat sekali,baru tahu sekarang klu FK,jurusan lain selain IPA juga boleh masuk,ckckckckck.

Anonim mengatakan...

TEMAN2 SEKALIAN,DOAIN YA,BIAR AKU BISA LULUS DI FK LEWAT JALUR UMB-PTN.AMIN.

Anonim mengatakan...

Mohon informasinya yang bener up date, apa bener fk trisakti seperti yang diceritain itu, soalnya saya rencana mau masuk ke sana.

Anonim mengatakan...

ga jaminan almamater bagus menghasilkan output bagus. semua tergantung hati. kalo kalian sdh jd dokter, jadilah dokter yang bekerja dengan hati, tidaj hanya mengejar materi semata

ocha mengatakan...

heeeeiii saya mau jadi dokter niyyyy cita citanya :),harusnya yang udah pada kuliah kedokteran tunjukin dong;;)sebagai calon dokter harus berpikir panjang dalam perkataan juga pemikiran:D
knp gag saling membangun kampusnya jadi lebih baik.bukannya lebih keren kalo kampus yang di indonesia banyak bs sampai bersaing di luar negri.masa kita sesama kampus di negara yang sama saling jelek"in.
no matter where you are all being chased all their future goals you choose to wake up every campus
make principles for this after I stepped on the campus of this college rankings rise
It marks our successful people ;)
buat nama dokter itu harummm okok

Anonim mengatakan...

mang benar tgantung org nya nanti da jadi lulus dokter gak?

Anonim mengatakan...

lebih baik kamu usahakan masuk di FK univ lain dulu. FK USAKTI adalah pilihan terakhir kamu.

Anonim mengatakan...

kalo FK USU gimana?

Anonim mengatakan...

mendingan ke Tokyo University, tidak diragukan lagi !!

Anonim mengatakan...

USU kan negeri jadi bagus, Tokyo University bagus jg kok,cuma aku lebih senang univ ku Ludwig Maximmilians Universitat.

Anonim mengatakan...

hoalah.. kok anak2 kedokteran begini ya debat nya..
gk nyangka,,

oia soal FK trisakti,, katanya bgus ya? tpi kok temen2 sekolah aq yg standar2 aja (kecerdasaan nya bahakan malas bnyak disana ya)

soal FK maranatha.. katanya mahal bgt disana.. 20jt/semester blum lain2...
dan kuliahnya susah,,

klo atmajaya gimana??
aq bingung ni pilih yg mana?

Anonim mengatakan...

aaaaaaahhhhh... gmn nih? gw mw masuk fk trisakti. tp ko byk yg blg krg bagus dan kecewa y... :((

Anonim mengatakan...

masuk fk uki aja.. lumayan bagus koq..
Gw mahasiswa fk uki semester 12 klo lancar akhir tahun ini sumpah dokter..
Di uki klo lo koass paling jauh lu ke semarang forensik sebulan ama jogya seminggu stase mata. Tempat tinggal udah disediain..
Dokter nya juga oke2..
Punya rumah sakit sendiri dan ga ada resident di rs uki jadi semua tugas laporan pagi, pegang pasien, tindakan2 kita koass yg ngerjain semua. Lu bakal terampil klo di UKI dan mental terasah hehe.. Dan juga di rs uki byk asisten tiap bidang ilmu yg notabene adalah senior kita yg uda jadi dokter, jadi mereka akan ngajarin kita. Perbedaan ini terasa banget sewaktu gw koass di rumah sakit lain. Kerjaan kita sebagai koass cuma follow up pasien dan nunggu dokter visit. Habis visit dokter ny langsung pergi coz sibuk, diskusi paling seminggu sekali. KLo di uki paling enggak kt punya asisten yg ada bt ngajarin kita, nentirin kita, tempat kt bertanya klo kt gak ngerti.
Klo masalah nilai asalkan lu belajar dan tau tipe2 dosen pasti bisa bagus. Klo gak bagus lu bisa ngulang lagi atau herco istilahnya kapan pun lu mau coz kt py rumah sakit sendiri.
Anak uki juga banyak yang keterima spesialis. Dan kita adalah fakultas kedokteran swasta tertua di indonesia jadi alumni kita udah tersebar kemana2. So klo mau ptt kita akan diterima dengan baik ama daerah2. Rasa persaudaraan di uki juga kuat banget soalnya di uki masih main senioritas yg menurut gw ada sisi baik dan buruknya..
Btw salam kenal y.. gw angkatan 2004

Anonim mengatakan...

alhamdulillah saya sudah jadi dokter..daripada pusing mikirin universitas mana yg paling bagus mendingan mikirin mw dibawa kemana gelarku ini..money oriented or moral oriented..
lagian selama saya praktek ga pernah ditanya tuh ma pasien lulusan darimana..
ayo teman sejawat jangan ribut trs ya..enak kok klo kerjasama meskipun beda universitas..
majulah dunia kedokteran indonesia..

Anonim mengatakan...

ini kenapa jadi pada ngeledekin fk dan lulusannya sih? sudahh. sudahh..

Anonim mengatakan...

ada usul g spesialis apa yg g capek tp duitx banyak?

Anonim mengatakan...

ga nyangka ya...kalian para calon dokter n dokter2 cuma bisa rebutan status...bner2 memalukan

Izhar mengatakan...

Izhar berkata:
@dokter:nggak usah debat dok..kalian semua teman sejawat yg saling melengkapi..yg penting bagus nggak pelayanan pada pasien.?? ngapaen pada ribut tentng fk terbaek..pasien kgak liat ente dulu kampus terbaik ato terkenal, kalo ente semua uda baek ngelayanin pasien pasti akan terkenal..kok tp tarip jngn mahal2 yaw..ksian dhuafa..
@koass:jangan pada ribut baek ato ndak kampus kalian yg penting aplikasi ilmu dan belajar serius di stase kalian...fastabiqul khoirot..
@mahasiswa FK:DI SISTEM BLOG AJA MASIH BANYAK YANG REMED N NGULANG KOK SALING MENJATUHKAN..(xiwixiwixi)
@calon mahasiswa FK: jangan masuk kedokteran karena nantinya dpt status dokter n keliatan elegan di kedokteran, yg penting serius n baek nggak niat kalian masuk FK,n sesuaikan kondisi Biaya..ilmu bisa dicari dmana2..jangan cuma niat dpt cwok ato cewek ckep..(heghegz..)..piss
@semuanya:bye..bye..

dok mengatakan...

BACA

FK yang tidak baik adalah FK yang terlalu sombong membanggakan FK nya ! Mari anda nilai diri sendiri 1. Ilmu anda sudah banyak belum yang dapat dari kampus anda ? 2. Skill anda baik tidak ? " sedikit cerita, ada salah satu coass FK swasta di jakarta yang dapat coass di luar jakarta, megang otoscope saja tidak tahu caranya n pokoknya skillnya tidak baik di stase2 koass" ! kampus yang baik itu memberikan skill yang baik, nilai tuh diri anda, gimana anda mau bersaing di dunia kerja dan menjaga mutu dokter indonesia, di kampus yang tenar n mahal n tua mungkin anda masih bisa bangga, tapi keluar dari kampus anda tidak akan di pakai.

Saya coass, FK swasta di yogyakarta

Anonim mengatakan...

ni yg comment smpe pd ribut pasti msh pre klinik ataupun msh koas,kliatan bgt..hmmf..wajarlah klo smpe pd ribut,krn psti msh berkutat di kampus/RS setempat..ntar klo udh jd dokter mana kepikiran lg mikirin universitas, bahkan (boleh percaya/tidak) klo udh jd dokter,maen ke kampus masing2 sekali2 aja males bgt..saran saya drpd ribut2 mendingan pikirin kuliah/koasnya aja ya..kedokteran udh susah (kuliahnya+biayanya) jd ga ush dibuat tambah susah lg ya..

Anonim mengatakan...

Ak dah jd dokter,lulusan undip.kenapa qt meributkan almamater?tak penting drmana qt diluluskan,brp pun IPK qt,dan seberapa trampil tgn qt.Ada hal yg lebih penting : Moral,kawan.Tergantung pd qt memperlakukan pasien,semata mesin uang atau ladang amal?
Pendidikan dokter semestinya tanamkan kearifan,bahwa kematian tak pernah jauh..bahwa ada beragam cara mati yg mengerikan.Harap diingat,Kartu anggota IDI tidak berlaku dihadapan Tuhan!

Anonim mengatakan...

Ak dah jd dokter,lulusan undip.kenapa qt meributkan almamater?tak penting drmana qt diluluskan,brp pun IPK qt,dan seberapa trampil tgn qt.Ada hal yg lebih penting : Moral,kawan.Tergantung pd qt memperlakukan pasien,semata mesin uang atau ladang amal?
Pendidikan dokter semestinya tanamkan kearifan,bahwa kematian tak pernah jauh..bahwa ada beragam cara mati yg mengerikan.Harap diingat,Kartu anggota IDI tidak berlaku dihadapan Tuhan!

Anonim mengatakan...

knp sie almamater diribut in..??,, browsing dech " gaji dokter di perusahaan minyak ",, 'tuk liat suatu sisi dari sisi2 yg laen,, moga2 manfaat... piss ah..

Anonim mengatakan...

saya mau tau pengalaman dari lulusan UGM. suka dukanya gimana..

Anonim mengatakan...

pada dasarnya semua universitas itu bagus. paling yang membedakan cuman fasilitas, dan hal2 lainnya. tapi itu semua kmbali kepada mahasiswa itu sendiri.
jadi menurut saya tidak perlu sampai ada tindakan saling melecehkan sesama FK.oke? damai itu indah brother. :)
ohya, perkenalin, saya mahasiswa fk usu

lia mengatakan...

FK di univ negeri tapi yg biayanya murah dimana ya? UGM kah?

Anonim mengatakan...

adududu, tambah ribet aja. yang bener yg mana? ada situs yg lebi terpercaya, g?

Anonim mengatakan...

hi anonim,, amien.. skrg ada internet,, oprek aj dunia maya nie,, mo itu bisa dipercaya or gak na,, itu akhir dari keputusan loe,, tapi carilah info sebanyak mungkin biar tau konsekwensi na, gak kaget ntarna,, apalagi nie sekolah mahalll khan,, mgkn browse jg "lulusan dokt, tidak diwajibkan lagi ptt ,, mkgn ortu qta jg gak ngeh ttg nie,, keputusan akhir ttp di tangan loe... cari info tu baik lho 'tuk memperluas wawasan... n masa depan...

Anonim mengatakan...

kayaknya no.1 masih UGM. dilihat dari segimanapun UGM masih terunggul. apalagi letaknya di jogja yg emang pas bgt buat menuntut ilmu. tp apapun, persatuan tetap lebih penting. dimana kamu belajar itu no.2. no.1 tetep dirimu sendiri!

Anonim mengatakan...

UGM murah.

Anonim mengatakan...

fk usu reguler juga murah. satu semester 1 juta.

Anonim mengatakan...

No...comment dah.
pantes pasien pada ngeluh dgn pelayanan yg dibeirkan oleh rekan2 sejawat, wong semuax pada ributin hal2 yang gak mencerminkan sikap dan sifat sebagai seorang dokter yg ber-etika dan ber-moral Hippocrates.........
Naudzubillah......
Ingat Sumpah rekan2 sejawat sebagai dokter akan kalian pertanggung jawabkan di akhirat nanti.....

ANTI DOKTER mengatakan...

BRENGSEK LAH KALIAN SEMUA..SOK MEMBANGGAKAN KAMPUS ! GAK ADA DOKTER YANG BERKUALITAS DI INDONESIA INI. SEMUA DOKTER PADA JAHANAM ! MONEY ORIENTED SEMUA. PADA PENGEN CEPAT INGIN KEMBALI MODAL SAAT KULIAH TAPI PASIEN DICEKIK BAYARANNYA. BANGSAAT. MALLPRAKTEK DIMANA-MANA !

KISS MY ASS, DOCTOR !!!

Anonim mengatakan...

to Anti Dokter : yaa udahh lahh,, ntar kalo ANTI DOKTER sakit,, JANGAN berobat ke DOKTER yaa... INGAT itu selalu..!!!

Anonim mengatakan...

FK UNSRI tuk sumatera adalah yg terbaik,manapula FK UNHAS diatas UNSRI dn USU???? Banyak anak usu yg ambil spesialis di UNSRI...nah kualitas UNSRI jg udah bisa disejajarkan ame UNPAD dn UNDIP...kalo bisa PTN jawa jgn hanya bisa meng-klaim diri terbaik padahal PTN sumatera seperti UNSRI dn USU jauh lebih bagus....Marzukie alie,Antasari,Armando(pimpinan PT FREEPORT indonesia) dn alumni UNSRI lainya menunjukanbahwa UNSRI sangat bisa bersaing ame PTN jawa....jadi tolong buat rank PTN/PTS ygagak sedikit adil donk!!!!!

Anonim mengatakan...

Pembahasannya ga mutu...
Yang mesti dipikirin gimana mengangakat derajat kesehatan bangsa ini ? bukan cuma saling membanggakan diri masing-masing
konyol, tolol

Anonim mengatakan...

hmmm...pak dokter, bu dokter...saya sakit ni..enakx kdokter lulusan mana y??
pasien bingung ni pilih dokter..

Anonim mengatakan...

FK maranatha ! amin :)

Anonim mengatakan...

oooh...ya ya kl berobat boleh dikredit gk y??haha..

Anonim mengatakan...

bingung...

Anonim mengatakan...

biaya berobat jgn MAHAL

liat tuh, masih bnyk di negeri ini yg menengah ke bawah

n harus berkualitas jg. oke

Anonim mengatakan...

biaya pengobatan mah disesuaikan aje...
dengan pasien nya...kaya gak tau dokter aja...
kita manusiawi tapi juga gak mungkin kalo lo semua gak kepikiran buat ngambil untung...

Anonim mengatakan...

saya mau masuk FK UNHAS. :)

Anonim mengatakan...

dokter memang pekerjaan yang mulia, jadi berlakulah yg mulia juga.Jangan serakah,berusahalah yang terbaik untuk kesembuhan para pasien.Anggaplah pasien itu adalah raja.Tapi sebagai pasien, kita juga tidak boleh selalu menyalahkan dokter bila ada penyakit yang memang tak bisa disembuhkan (tinggal menunggu mukjizat dari Tuhan saja)

Anonim mengatakan...

yts:adik2ku, tepatnya anak2ku yang sedang berjuang menjadi dokter. Saya udah 20 th jadi dokter,anak semata wayang kini sudah kuliah di salah satu fk swasta terbaik disini. Apapun komentar yg ada disini,itu sah2 saja. Apapun ilmu yang kalian ambil,bangku kuliah hanyalah "dasar". Apalagi ut seorang dokter, kuliah yg sebenarnya adalah saat kita terjun mengamalkan ilmu. Jangan mengeluh ttg fasilitas,apalagi peringkat yg sama sekali gak ngaruh. Yg penting pergunakan saat belajar dengan sebaik mungkin, Gali ilmu dari manapun,sekarang dunia maya & ilmu pengetahuan terbuka lebar bagi mereka yang ada keinginan. Jangan puas dg materi yg diberikan dosen, gali terus dari sumber manapun & jangan malu bertanya pada dosen2 yg notabene punya pengalaman dan ilmu di lapangan. Sudah ya, jangan ribut2 yang ga penting. Kita menghadapi serbuan dokter2 asing yang mengincar pasar bebas kesehatam. Kl kita2 tdk bersatu,ribut2 mlulu, kapan majunya. Ayo bersatu,dari manapun almamater kita, jangan terpecah belah. Mari kita bersama membangun masyarakat Indonesia yg lebih sehat & sejahtera. Masa kita cuma mau jadi penonton yang merelakan pasar kita berlarian ke rumah sakit luar negeri apalagi hanya dg penyakit kelas kambing ! contoh, dah jelas Obsgyn kita lebih mahir karena wanita hamih & melahirkan banyak banget,eh....milih lahiran di negara tetangga yg penduduknya secuil & yang melahirkan pasti cuman doremi. Majulah anak2 FK ku.... (RDK)
Jum'at 28 jan 2011

Anonim mengatakan...

rata2 lulusan kedokteran same ucap sumpah brapa tahun si|???? mungkin gak 5,5 taon dah lulus???

Anonim mengatakan...

yap,yang penting tuh kita masing2 mengembangkan ilmu, skill, ama attitude&moral kita kyak kata dosen faal ku: jadi dokter yang penting punya 3H (head, hand, heart) mungkin plus "money" selama kuliah (just kidding). ga penting banget deh kalo debat tentang univ terbaik. liat aja kenyataannya pasien indo pada lari keluar negeri semua. bahkan keluargaku aja uda ga percaya lagi ama dokter di indo dengan alasan tingkat misdiagnosis yang tinggi. pasien gak peduli lagi dengan status univ tempat kita menuntut ilmu, yang penting bagaimana kita memberikan yang terbaik untuk mereka. ayo teman sejawat, kita bersama membangkitkan kembali citra kita di indonesia.. God bless^^

Anonim mengatakan...

dan lagi, banyak pasien indo yang bilang kalo dokter-dokter(terutama spesialis dan konsulennya)di indonesia tuh sombong dan empatinya kurang.. cuma mau mengingatkan aja kalau status universitas tuh GA PENTING. lagipula kita TIDAK AKAN pernah menemukan pasien yang berkata:"dokter lulusan mana? Hah? bukan dari kampus Z yang akreditasinya A? saya dengar kampus Y lulusan dokter akreditasiny B kan? haduh, saya ga mau deh kalo diperiksa dokter... permisi kalau begitu." semoga ini bisa dijadikan cermin bagi kita semua dengan beragam almamater.. God bless^^

Anonim mengatakan...

@anonim tgl 28 Januari 2011: untuk saat ini kurikulum di sebagian besar FK di Indonesia menggunakan sistem KBK, yang rata2 lulus dokter dalam 5 tahun ditambah rencana berupa magang setahun sebagai pengganti PTT. di kampus ku (Atma Jaya-Pluit) program sarjana lamany 7 semester ditambah program klinik/koas 3 semester meskipun aku rasa terlalu cepat jadi kayak semester padat tiap hari waktu kuliah, wahaha..God bless^^

Anonim mengatakan...

maaf comment terakhirku tadi untuk anonim 10 Februari 2011. bukan 28 januari 2011. Entschuldigung... maaf2.. salah lihat tanggal... anonim semua jadi puyeng aku.. >.<..

sonyaariesta mengatakan...

kalian semua dokter ? apa kalian semua gak malu berantem kayak gini? asal kalian tau ya bersyukurlah kalian yg bisa kuly kedokteran karna banyak calon mahasiswa diluar sana yg lebih berhak duduk dikursi yg kalian tempati tp mereka gak mampu karna keterbatasan dana, dokter itu adalah makhluk sosial yg tau akan kebutuhan pasienny dan mencoba memberikan yg terbaik, bukan seperti kalian yg ribut karna status akreditasi, memang semua itu penting tp kembali pada hakikat apa itu arti seorang dokter, sesama teman sejawat jgn saling melecehkan, semua dokter itu sama yang membedakan adalah akhlak dari masing" individu,
saya punya sedikit cerita, saat ini sy berusia 17th dan insy allah thn ini sy akan mengambil kuly kedokteran, sebelumnya saya siswa SMF (sekolah menengah farmasi) 6 bulan saya bekerja di apotik dmna disana terdapat berbagai dokter spesialist, dan ada salah satu dokter spesialis kandungan dari universitas negri terkemuka yang pernah memberikan pasiennya obat citotex, kalian tau obat itu ? ya itu adalah obat penggugur kandungan, coba kalian lihat betapa rendahnya akhlak seorang dokter, saya bingung apakah dia lupa pd jamjimya pd saat yudisiun spesialisny,
naudzubillahminzalik, harusnya dokter itu menyelamatkan jiwa bukan membunuh bayi dalam kandungan ..

Anonim mengatakan...

Akreditasi emang ga penting!!!!! Juga ga usah bangga-banggain kampus yg katany terkenal, pokokny pasien ud ga percaya ama kita lagi....

@sonyaariesta: Kita jg ga usah mengadili akhlak orang lain rendah, yang penting semua kembali ke diri kita masing-masing untuk merenungkan hal ini. ada Tuhan, ada sumpah dokter, ada KODEKI, silakan direnungkan dengan akal budi masing2 menggunakan tiga prinsip ini.

si anonim d atas bener tuh kita harus mengusahakan yg terbaik bwt pasien supaya bs naikkin lg citra kita sbg dokter.. pasien uda pada kabur keluar, seharusny kita semua sadar donk klo kita ud bobrok!!!

Peace.. No offense..

it's mine for all mengatakan...

anadaikan semua masyarakat bisa baca ini pasti kalian maluu.
semngat ya kakak - kakak semua yang sudah menjadi dokter maupun yang masih calon dokter.semogga dunia pedokteran di indonesia tambah menkjadi baik di tangan- tangan kalian. semogga kesehatan mayarakat di indonesia terjamin di antara kalian.
doakan saya juga ya semogga bisa bergabung bersama kalian menjadi saudara satu profesi ( dokter ).

ada yang tau baguskah FK-UNSOED itu??

Anonim mengatakan...

haduhhh.........
pada berdebat semua,
lebih baik kita sama2 berusaha menjadi dokter yg baik ,dimanapun universitasnya....

Anonim mengatakan...

moralnya pada kemana ...hahaha

Anonim mengatakan...

Saya ex mahasiswa atma jaya. sekarang saya jadi mahasiswa trisakti..jujur secara kualitas menang atma jaya jauhhhhhhhh, dapet IP 3.0 aja di atma jaya susaaahhhhh banget, ditrisakti saya dapet IP diatas 3.5 dengan berleha leha dan modal nyontek doang.... pernah ngerasain dua dua nya jadi saya gak mungkin bohong...

kalo kalian ingin yang swasta dijakarta mending atma jaya deh, nyesel masuk trisakti kecuali anda yang ngulang kayak saya hehehehehe

Anonim mengatakan...

bersyukur deh yang bisa masuk ke FK , beruntung tuh seneng . daripada yang bisa masuk tapi gak ada biaya . trus yang masuk ke FK atas tapi orangnya *bubrah* kan sama aja-___-

Anonim mengatakan...

kasih inform ttg FK dong , kalo bisa yang detile:) thanks..

Anonim mengatakan...

TRIAS

MUSTAHIL FK UGM LEBIH BAIK DARIPADA FK UGM !
JANGAN SOK TAU YA !

KALO NGGA NGERTI TENTANG FK LEBIH BAIK DIAM !

Anonim mengatakan...

is lu pada ngapain sii?? gx penting deh...
Maahasiswa? kedokteran? ngacak woy... jangan songong :D hahhahaha
toh ntar jg lo orang jadi dokter gx di perhatiin lulusan mana.. tapi skil dan akhlak lu thu... masa ia sih para calon dokter, calon org sukses bahas gnian ampek saling menjatuhkan :P hem...

Anonim mengatakan...

podo bingung dewe.. masih kecil sudah pada haus martabat..

metodologinya rangkingnya respondensi, bukan uji mutu & kendali langsung. jadi kurang representatif. apalagi data expired begini..

lagipula yang menilai baik buruk itu kalian sendiri.. mana yang paling cocok buat meniti masa depan? cari tau lewat sumber langsung yg sarat pengalaman kuliah disana.

gak ada cerita yg peringkat universitasnya rendah terus martabatnya rendah, atau sebaliknya..

Nong_Noora mengatakan...

Anonim Mengatakan..
arrahhg pada ribut semua nihh
gak mencerminkan klw smwanya anak2 kedokteran
akku neh niatny mau msk FK tpii klw kyk gini Fk mn yag bgs ....
kasih saran iaa
:))
Td katanya Di UNIBA jurusan IPS bisa masuk??
emang ia bisa ??

Anonim mengatakan...

lebih bagus klo kita masingg2 memajukan fakultasnya. . bukan untuk nama fakultas kita masing-masing, tapi untuk bisa bersaing di mata internasional

Anonim mengatakan...

all@ kok malah saling menjatuh kn sihh,, aku jg baru lulus tes kedokteran, tapii no coment deh ama kalian yg suka saling menjatuh kan, toh smw trgantung sama diri kita masing2..

Anonim mengatakan...

FK UNDIP WAITING ME !!!!!!!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

Goodluck buat semua dokter, dokter muda dan calon dokter masa depan ;)

Anonim mengatakan...

anyway...
cuma mau sedikit informasi ya:

FAKULTAS KEDOKTERAN ADALAH TEMPAT DIMANA MAHASISWA MENEMPUH ILMU BIDANG MEDIS.
dan bukan tempat untuk berdebat kusir seperti apa yang dilakukan oleh seorang politikus

DARI SEGI KALIAN yang komen2 menjelekkan universitas itu saja sudah point minus bahwa anda TIDAK PANTAS UNTUK MASUK FAKULTAS KEDOKTERAN

Kedokteran are sejawat, jiwa pasien, skill, and evrything about medicine.

jadi bukan politikus yang cuma bisa mengkritik ya

trus untuk biaya?
banyak orang berkata " waduh jgn masuk swasta, mahal! negeri aja udah murah bagus lagi!"

pertanyaannya...

APAKAH KALIAN TUJUANNYA MENEMPUH ILMU KEDOKTERAN UNTUK MEMPERCAYAI "GOSIP" / SESUATU YG DIKATAKAN SECARA TIDAK PASTI KEPADA KALIAN?

dari itu aja menandakan bahwa mindset kalian bukanlah seorang yang pantas menempuh ilmu bidang medis.


1 informasi juga ya, bahwa biaya menempuh ilmu kedokteran itu memang terbilang mahal karna yang perlu kalian tau juga, alat2 kedokteran memang tidak ada murah. dan itu bergantung untuk skill kalian

JADI KALO KALIAN MAU PILIH SEKOLAH IMAGE BAGUS, BIAYA MURAH, PERINGKAT 1, mungkin bisa buat sekolah sendiri kali ya, siapa tau banyak yang mau masuk disana....

JADI INTINYA

KEDOKTERAN ADALAH KEDOKTERAN

DAN bukan yang lainnya...

thank you

yeniandriani62 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

jadi kedokteran yang bagus itu dimana ya intinya? ohya undip dengan unsri bagusan mana ya? kalau dengan unair antara tiga universitas iu bagusan yang mana ya untuk FK nya? terima kasih, mohon kabar udpate nya ya untuk sekarang bagusan yang mana soalnya kan udah 2011 :)

Anonim mengatakan...

Terserah mau bilang apa,kta buktikan dengan kerja!

Anonim mengatakan...

UB(univ. brawijaya) ga masuk ni??? =))
whatever..baguslah klo gt..

Anonim mengatakan...

FK UMY ndak masuk,,,terserah ahhh,,,mau mana aja,,,yang penting sama sama blajar

Anonim mengatakan...

masa FK UNS peringkat 15 dibawah PTS, ga ada judulnya FK PTS di atas FK PTN

Anonim mengatakan...

apakah anda tahu di indonesia sekarang sekitar ada 72 Universitas yang Memiliki Fakultas Kedokteran...Lihat di Wikipedia

Anonim mengatakan...

alamat nya di http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_kedokteran

Anonim mengatakan...

aduh,terlalu banyak ngomong.. seharus nya itu buktikan dgn prestasi.. talk less do more donk.. :fuck: lu semua !

Manggala Music Men mengatakan...

http://www.uad.ac.id
http://www.uad.ac.id

oh iya, tadi kan salah satunya ada UNIVERSITAS ANDALAS,
kalau boleh tau sekarang biaya masuk FK UNAND berapa ya?
mohon reply
makasih

Anonim mengatakan...

fk swasta mah sampah, gak ada menangnya, menang duit doang iya

Anonim mengatakan...

Jangan meributkan masalah peringkat, karena peringkat itu bisa dinilai dr berbagai parameter dan akan berubah-ubah dari tahun ke tahun, bisa naik bisa turun. Ada yg bilang sekarang secara umum UI makin melejit di Indonesia.. tapi bukan berarti FK nya paling baik, karena mungkin ada jurusan lain yg mendongkrak prestasi secara umum. Jika ada yg bilang FK UGM sejak dulu memang paling baik. Belum tentu. Sebab sejak berubah jadi BHMN dan otonomi, banyak sekali perubahan yg terjadi di kampus ini dan kampus-kampus kita lainnya karena banyak pula sisi negatif yg ditimbulkan (bisa dari segi biaya, input mahasiswa, dan output lulusan) sehingga mempengaruhi kualitas pendidikannya. Walaupun secara umum prestasi UGM kini tak sebagus dahulu, bisa juga FK nya tetap bagus jika dilihat dr sisi tertentu. Kualitas lulusan pun bisa dilihat dr siapa2 saja yg kuliah kedokteran, notabene mereka banyak dari kalangan berada yg belum tentu memiliki kecerdasan yg sepantasnya utk profesi dokter (maaf td bermaksud menyinggung). Jadi kesimpulannya antara dulu dan sekarang itu beda, bisa saja FK di kampus2 negeri maupun swasta yg lain yang lebih baik ketimbang di kampus yg itu-itu.

Didisciut mengatakan...

baca komentar kakak-kakak diatas bikin saya semakin bingung. kalo ada yang bisa bantu? kira-kira FK mana yang akreditasinya baik disertai dengan biayanya yang terjangkau bagi anak kelas menengah kebawah seperti saya.
mohon bantuannya :)

Anonim mengatakan...

ya .. UI lah..

Anonim mengatakan...

mm.. fk swasta emang siy mahal,, maka tu klo bisa yach pilih masuk fk NEGERI,, tapi klo dibilang sampah yach ntar dulu coz nie tergantung individunya.. di tempat praktekku n nie kenyataan,, ex fk swasta standart menangani suatu tindakan n ex fk negeri niy cenderung menghindar dari menangani tindakan yg sama (ngeles gitu) bahkan cenderung ngakk pernah ngkale hehe... nie buat masukan aj lho.. semoga jadi lebih bijak yach...

Anonim mengatakan...

Menurut pengalaman saya sih kalo fk yg lulusannya ptn itu rata2 lebih kompeten. Soalnya kalo yg lulusan fk swasta rata2 kurang akurat meriksa pasiennya. Terus kalo ngasih resep obat suka ragu2. Tapi sayang sekali skrg mau fk lulusan ptn atau pts sama2 money oriented. Jarang yg tulus.

Dunia Adies mengatakan...

hehew.. makasih kakak-kakak buat sarannya :D

Kang Idien mengatakan...

Jangan Almamater minded bermutu atau tidak tergantung kemampuan anda kelak kalau lulus bisa terserap pasar kerja, produktif dilapangan kerja dan memuaskan stakeholder dalam kinerja sauda

Anonim mengatakan...

saya ingin masuk fk undip :D

Wenny Widya Gosal mengatakan...

semua FK di Universitas yang telah masuk 15 terbaik sama saja... Yang Penting Mahasiswa/Mahasiswi harus mempunyai spirit untuk melakukan hal" positif sehingga dapat mengharumkan Universitasnya masing".... Everything is Under Control guyss...

Anonim mengatakan...

siip...dan yang penting punya link...

Anonim mengatakan...

terserah mau kuliah dimana, negeri atau swasta.. yang penting biaya pendidikan itu harus MURAH, dan seleksinya harus benar2 seleksi, bukan cuma seleksi UANG, serta sistim kuliahnya harus bagus,bukan cuma lulus2 doang,contohnya jaman dulu yg masuk FK dari suatu kampus 80 orang yang jadi dokter cuma 20....
yang sedihnya di indonesia, banyak orang yg masuk FK cma karena UANG, BAPAK dan KELUARGA. apa kata dunia?

Anonim mengatakan...

aku pengen masuk FK undip, buat kakak-kakak semua, boleh minta sdkit informasi mengenai FK UNDIP?
Terimakasih :)

Anonim mengatakan...

aku pengen masuk FK undip, buat kakak-kakak semua, boleh minta sdkit informasi mengenai FK UNDIP?
Terimakasih :)

Anonim mengatakan...

:(( jdi makin bingung nie kak... fk dimana... bagus2 semua..???
g usah pada ribut ya kak....
percaya kq.. fk masing2 punya kelebihan sendiri.. jadi jangan ambil pusing y kak.. yang menentukan adalah gimana pengabdiannya besok :)

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah aku sekarang mahasiswa FK Unsoed walaupun tidak masuk peringkat bukan berarti tidak bisa berprestasi kan? ibarat kata mutiara yang kecebur got walaupun kotor dan bau tapi tetep berharga sampai kapan pun, masuk FK unggulan bukan berarti menjadi high profile kan?

Agung mengatakan...

Harvard medical school student B-) aminn

Anonim mengatakan...

Gak penting semua, mo sekolah di mana juga paling2 cmn jd dokter yg diperbudak perusahaan farmasi yg penting jualan obat. Dokter2 gak bermutu, kalian cmn mo jd dokter komersil sama kayak pedagang klontong. Gak ada di kita dokter science yg kontribusinya bermakna buat kedokteran. Ok, selamat jadi sales obat...:))

Anonim mengatakan...

Gue mahasiswa baru FK tahun kmrn. Keluarga gue juga banyak yang alumni FK & FKG. Kalo untuk FK jelas PTN pasti lebih bagus kualitas pendidikannya dan lebih dicari sama rumah sakit kita. UGM sekarang disebut2 lebih bagus daripada UI, gue setuju soalnya UI menang di alat2 kedokteran dan UI menang nama. Untuk FK PTS atmajaya paling bagus, trisakti yang kedua. Sodara gue anak trisakti dan dia ngakuin atmajaya nomer 1. Untuk trisakti FKG emang bener2 paling bagus diantara PTS lainnya.

Jujur aja ya sekarang banyak pelajar SMA yang ngebet banget mau cari PTN terbaik. Karena persaingannya makin ketat, sampe2 ada yang rela bayar ratusan juta nyogok rektornya tuh PTN. Kesan gue langsung berubah sama ptn itu waktu ini murid sma diterima disana. Kualitasnya udah rusak banget menurut gue. Dan ternyata emang banyak yang diterima karena uang sogokan ke rektornya.

Jadi saran gue buat yang mau masuk FK, pasang targetlo setinggi2nya sesuai kemampuanlo. Semuanya tergantung gimana lo belajar buat jadi dokter, dimanapun univnya. Gausah kecewa kalo ngga diterima di ptn yang lo mau. Selama lo jujur gue yakin lo pasti lebih bangga.

Jadi tetep semangat buat adek2 calon dokter :D

Anonim mengatakan...

yakin neh yang ngomentar para calon dokter??kok dr pola pikir n pembicaraan nya sama sekali tidak berkualitas....huff,wajarlah kualitas dokter2 di indonesia menurun.dari kepintaran mungkin oke,tp dari tingkah laku,pola pikir,dan HATI sama sekali NOL besar....welah welah....percuma lulus jadi dokter tp gak majuin negara,ama aja boong....

masih mikirin negri lebih bagus lah,swasta lebih oke lah,,,ckckckc...keburu mati tuh pasien di luar sana...wwoiiii,bangun....klw cmn terpaku negeri atau swasta,peringkat 1 atau 4,gak bakal maju ente....

Anonim mengatakan...

Ane udah calon dokter nih gan. Gw mahasiswa univ swasta di jakarta. Kurikulum, materi, dan pembelajarannya juga ga beda jauh sama univ negeri. Yang jelas tergantung cara lo belajar dan nyimak aja di FK, gw setuju tuh sama yang bilang FK ptn udah ga murni anak2 berotak, pasti ada aja yang masuknya pake jalur 'ajaib' =)) berjuang semangat dokter!b

Anonim mengatakan...

gw lulusan fk ugm yg skg udah tobat...semua tidak meragukan kualitas super ugm,tp waktu co-ass ,ga tau cara megang otoscope,sampe2 konsulen ga sanggup marahin gw,malah tertawa terpingkal2, ..APAKAH FK UGM JELEK?ya gak dong,itu karena gw yg malas belajar..
so semuanya tgantung lo semua

Anonim mengatakan...

setuju fk ptn udah gak murni :p
yg penting liat ntar kedepannya siapa yang bener" dokter ato cuman asal jadi dokter aja :D

Anonim mengatakan...

"Dulu, kampus jadi besar karena kesuksesan mahasiswanya. Sekarang, mahasiswa ingin sukses karena nama besar kampusnya"

baca baek-baek trus resapi :D

Ang mengatakan...

,,ini yang koment pada ngejelek2in dokter emangnya dia bisa apa jadi dokter.???emang otaknya kuat apa ya sekolah dokter kok pada ngejelek2in dokter,,,kok gak maLu banyak omong aja tapi dia tes masuk FK aja mungkin gak keterima nomer terakhir lagi hahahahahahaha malu2in jangan banyak omongnya dech..!

anonim mengatakan...

APAPUN komentarnya FK jaya semua!!!!!

Anonim mengatakan...

FK wijaya kusuma bagus gak? akreditasinya berapa?

dr. Wina mengatakan...

Dulu 10 tahun lalu pas awal masuk FK, saya juga ngebanding-bandingin FK mana yang lebih bagus. Kebetulan saya, teman2 dan saudara2 saya diterima di fakultas kedokteran yang berbeda-beda, tetapi semua diterima di FK yang kebetulan masih masuk 15 Fakultas Kedokteran terbaik di atas. Saya ingat terutama orangtua dan tante-tante saya yang membanding-bandingkan FK mana yang lebih bagus. Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata dari 15 Fakultas Kedokteran di atas ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Fakultas Kedokteran dan dosen itu hanya fasilitas pendukung saja, yang penting pribadi mahasiswa itu sendiri mau jadi dokter yang berkualitas atau dokter abal-abal. Jangan kecewa kalau FK anda tidak termasuk 15 fakultas kedokteran di atas, tingkatkan kualitas pribadi, banyak membaca textbook, rajin melatih ketrampilan niscaya anda bisa juga jadi dokter berkualitas.Toh, buntut-buntutnya keluar-keluar juga jadi dokter umum, gelarnya juga sama dr. Jangan saling menghina sesama teman sejawat.

Dokter lulusan Trisakti mengatakan...

Anonim yang anak eks Atmajaya trus masuk Trisakti dengan IPK 3,5 hanya dengan nyontek doang ( ga salah??? dengan SP kali(remedial) bukan IP murni). IPK di Trisakti yang murni pada kecil-kecil. Kalo bisa jangan pakai identitas anonim, tapi sebutkan nama dan angkatan kalau berani! Awalnya gw juga salut banget sama FK Atmajaya, tapi sekarang biasa aja karena sejak lulus jadi dokter baru tau kualitas atamajaya yang sesungguhnya. Hmm...pas daftar PTT di Kalimantan banyak anak FK Atma yang minta rekomendasi daerah ke dinkes dan jadi "anak titipan". Tanya aja Tania S 2003 FK Atmajaya, Benny Budiman FK Atmajaya 2004 dan Anton Suwito FK Atmajaya 2004, mereka pakai rekomendasi daerah ga pas daftar PTT Pusat? Gw pikir selama ini anak Atmajaya jujur dan berkualitas ga berani pakai cara "main belakang" ternyata ga ada bedanya dengan FK lain semuanya juga main belakang. Gue berhasil buktiin gw masuk PTT Pusat dengan cara murni, ga pakai rekomendasi daerah. Padahal banyak yang bilang kalau anak Trisakti pasti banyak koneksi pejabat dan main belakang, tapi gw berhasil buktiin gw masuk tanpa rekomendasi. Hmm..pernah juga gw ngerujuk pasien Ke RS yang jaga UGD kebetulan dokter lulusan FK Atmajaya ( gw tenang, gw pikir atamjaya kan terpercaya kualitas lulusannya), pasien dengan penyakit jantung (Infark) gw rujuk ke RS dengan segala kondisi keterbatasan sarana di tempat PTT, sampai di RS dalam kondisi sadar dan masih bisa bicara (Life Saving berhasil sampai di RS), trus sama dokter lulusan Atmajaya tersebut pasien dimasukin ke ruangan perawatan biasa aja loh dan tanpa oksigen. Uda cape2 dirujuk, ternyata penanganan di RS sama aja. Pasien meninggal besok paginya. Trus pas Ujian UKDI atma membanggakan lulus 100 % atamajaya terpercaya kualitasnya, padahal tanya sama senior/teman lo di atmajaya pada minjem soal/hasil diskusi anak Trisakti gak yang difotocopy belakang tawakal?! Gw ga bilang Trisakti lebih bagus dari Atmajaya. Gw cuma bilang semuanya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing, tergantung pribadi orang tersebut mau jadi dokter berkualitas atau dokter abal-abal.Gw merasa biasa aja dan sebagai dokter banyak kekurangannya dan perlu banyak belajar lagi meskipun FK gw masuk dalam 15 FK terbaik di Indonesia.

Anonim mengatakan...

Hi adik junior dari FK Trisakti, dulu gw juga sedih banget dan nyesal masuk FK Trisakti karena lulusnya lebih telat 6 bulan dibanding FK lain, tapi sesudah lulus jadi dokter baru tau kalau FK Trisakti termasuk salah satu FK yang berkualitas dan jadi bangga jadi salah satu lulusannya. Memang setiap FK ada kelebihan dan kekurangannya, ga ada FK yang lebih baik dari yang lain. Semua tergantung pribadi masing2. Pada ahkirnya, kita semua lulusan FK yang berbeda harus bekerja sama dalam menangani pasien. ( Ini berasa banget kalau uda lulus jadi dokter). Keuntungan kuliah di FK Trisakti yang baru gw rasain sekarang adalah koass di RS yang kondisinya berbeda-beda dengan dosen pembimbing lulusan FK yang berbeda2 sehingga kamu akan siap ditempatkan di mana saja, tapi gw denger sekarang uda ada RS Trisakti (menurut gw malah sayang kalau cuma ngerasain koass di satu RS aja, lebih enak bervariasi jadi ilmu juga makin banyak), kondisi yang penuh tekanan dan kadang2 susah justru malah melatih kesabaran dan kedewasaan saat kamu menjadi dokter nantinya, karena jadi dokter bukan hanya memerlukan otak tapi juga hati dan soft skill. Untuk UKDI banyak anak FK Trisakti yang lulus. Untuk PPDS (spesialis) : Tahun 2010 ini, banyak anak FK Trisakti diterima PPDS. Bisa tanya ke Ummi Ulfah Madina 2003 dan Hanifa 2003 yang diterima di Interna UI.Padahal pas koass juga dulu di RS yang katanya hanya bisa ngasih nilai C, tapi tetap pas PPDS yang diliat kualitas pribadinya. Ga usah khawatir ga bisa PPDS dengan nilai C+. Tingkatkan kualitas pribadi. FK, dosen dan fasilitasnya hanya fasilitator, tetap pribadi mahasiswa yang paling berperan. Yang gw tau kalau di Trisakti ga ada sistem Drop out dan ada sistem Semester pendek ( perbaikkan nilai), kalau di FK lain ga lulus atau IPK nasakom bisa langsung drop out, ini yang menyebabkan mahasiswa menumpuk padahal kerjasama RS sudah sangat banyak, tapi ternyata banyak kejadian kakak kelas yang hampir didrop out dan ipk nasakom (1,...)malah sekarang banyak yang diterima di Progam pendidikan Dokter Spesialis di FK negeri ternama. Berarti itu salah satu kelebihan FK Trisakti yang tetap mempertahankan mahasiswanya.

Anonim mengatakan...

Komennya 'ga bermutu semua' ,pada ngebela FK masingmasing ~x(

Didunia kerja(sudah berprofesi) , sekolah dimanakah kita dulu tidak dipermasalahkan, asalkan kita punya mutu yang bagus dan berkualitas , bakal merasakan sendiri deh nanti kalau sudah dapat gelar dokter

Anonim mengatakan...

Oiya dan 1 lagi yg paling penting..
Almamater boleh di peringkat brp aja, alat" bantu kuliah boleh lengkap tp kalo UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia) presentase lulusnya biasa aja, apa yg bs di banggakan?
Alhamdulillah FK tempat saya menimba ilmu presentase lulus UKDI 97% --» 99%.
Padahal pengujinya dari dosen" FK universitas lain lho..
Dari universitas negeri dan swasta.
Dan 1 lagi, punya rumah sakit pendidikan sendiri lho..
Baru akan di resmikan, rumah sakitnya..
Just info, kampus saya negeri lho, dan mahasiswanya lumayan banyak.
Angkatan saya 195 orang.
Alhamdulillah jg kampus saya ada di 5 besar..
Jadi, almamater itu ga penting, percuma bs masuk FK tp ga bs lulus UKDI, kapan dapet gelar "dokter" nya?
Capek deh..
Selain UKDI, yg di butuhkan seorang dokter itu kemampuannya!
Bukan almamaternya!
Buka wawasan woi!
Bisa jd kita dapet Ph.D dgn menimba ilmu di universitas terkenal di luar negeri, kyk harvard dll.

Anonim mengatakan...

Itu ada yg bilang lulus UKDI 100%?
Wkwkwk..
Ga yakin ah.
Cantumin buktinya dong :D
Gw bukannya mw melecehkan, tp setau gw ga pernah denger kampus yg UKDI nya 100% tuh.
Kayak tau aja UKDI tu apa.
Baca postingan gw di atas ini, UKDI tu apa!
Untungnya panitia UKDI bukan dosen dari kampus gw ;D
Tp tetep aja presentase kampus gw lulus UKDI tetep tinggi!
Ga pernah di bawah 90% tp emg ga pernah 100% soalnya ga mungkin sempurna jg kaleee :s
Tp yg jelas gw bangga sama almamater gw!
Ga usah jelek"in almamater orang deh!
Blog ini di cek polisi, di cari IP kalian, di datengin, di bawa ke kantor polisi atas tuduhan PENCEMARAN NAMA BAIK, tau rasa lo!
Hati"lah MENULIS COMMENT DI DUNIA MAYA!
Dan 1 lagi, dokter itu dimana" adalah TEMAN SEJAWAT dengan dokter lain.
Kalian ga pernah dapet kuliah ETIKA KEDOKTERAN yah?
Ga tau itu buku KODEKI? (Kode Etik Kedokteran Indonesia)
Ga tau?
Ooh pantes, soalnya mungkin aja yg POSTING itu bukan anak FK..
Makanya cuma bisa jelek"in FK universitas ini dgn FK universitas itu.
Wkwkwk..
OTAK MATI OTAK MATI.
Bodohnya yg POSTING tp cuma bisa jelek"in almamater orang lain.
Adminnya ga ada yah?
Yg punya blog mana nih?
Kok ga di filter sih postingannya?
Hati" lho!
Blog semacam ini bisa di tindak lanjuti sama polisi!
Ada lho unit CYBER CRIME yg berpusat di mabes polri.
Dulu di lantai 3, ga tau skrg dmn.
Sama CYBER CRIME di setiap polda" ada deh kayaknya.
Hati" ya sama postingan kalian.

fitri mengatakan...

saya adalah salah satu koas dri fk swasta d jakarta... Sejak baca dari awal sampe akhir postingan ini, saya bingung dan cuman bisa ketawa....

Anonim mengatakan...

Jangan masuk Unsri...
Nih gambaran unsri sejak awal nerapin KBK:
rizkiadi.wordpress.com/about/

Anonim mengatakan...

kak, kalo FK UKI sama FK atma bagusan mana? aku pernah denger... kalo FK UKI katanya anak2nya lebih trampil karena mereka lebih sering praktek dibanding anak atma, itu bener gak sih?? terus, FK unpad yang sekarang itu ada di jatinangor atau di dipati ukur sih??

indo mengatakan...

jangan persalahkan hal sepeleh,,,yang penting bukanlah sebagus apa universitasnya tapi sebagus apa dokter yang dihasilkannya dan sebesar apa pengorbanan dan jeripayanya bagi sesamanya...

Calon Maba FK mengatakan...

FK Untar sama FK UPN Veteran Jakarta kira-kira bagus gak ya? bagusnya dari segi apanya? mohon share pengalamannya...

Anonim mengatakan...

Menurut saya apapun Universtasnya yg pnting kan jdi dokter jg. belum tentu dokter lulusan FK UI lebih baik dari dokter lulusan FK Unsyiah. Karena menurut saya FK Unsyiah is The Special One, Is'n it?

Anonim mengatakan...

GAK USAH RIBUT SOAL DOKTER LULUSAN DARI MANA, SOALNYA DI PEDALAMAN MASYARAKAT GAK TANYA ITU, YG PTG BISA BUAT ORG SENYUM N SEMBUH DAH LEBIH DARI CUKUP............PROF AJA KENAPA SICH?

Andi Hilda Adani mengatakan...

Dokter yah dokter. Yang penting cerdas berahlak ;)

Anonim mengatakan...

Daripada mikirin ginian, pikirin gimana caranya loe2 semua pada sekolah spesialis...! ginian aja dimasalahin, giliran kerja... terdampar di klinik2 ampe tua bangka. Pikirin tuh jalan supaya bisa lanjut sekolah terus..! Peace.. Bener gaak gw?

RJp mengatakan...

Aku anak ekonomi UNDIP 2011 ni

1)Kalo boleh tau menurut kalian gmana sih pelayanan kesehatan di Indonesia saat ni?
2)yang saya tau ni, Dokter2 kan kbanyakan bekerja di kota2
menurut kalian semua gmana sih caranya supaya pelayanan kesehatan di Indonesia merata?
Padahal kan di di daerah2 terpencil dan desa2 jga memerlukan tenaga dokter

thanks before
GBu:)

Anonim mengatakan...

aku calon maba universitas tarumanagara.udah lolos tes masuk...
tapi masih penasaran pengen masuk trisakti ??..
tapi gatau kelebihan dan kekurangannya...
soalnya buat aku yang penting belajar yang bener dan jadi dokter yang berguna..

tapi kalo harus milih nih..mending untar aja apa trisakti ???...

Anonim mengatakan...

^_^ lucu liat orang sejawat ribut di dunia maya, padahal kalau PTT saling rujuk. Saling lepas tangan. Saling titip absen puskes. Kalo dah di lapangan, ntar keliatan masing2 karakternya, pada umumnya jakarta sama, kuat teori, egois, kerja biasa2. Jogja, sedikit bicara, pinter, banyak kerja. Surabaya, banyak bicara, banyak kerja, pinter. Makasar, kerja oke banget, teori relatif. Tentang perbandingan Trisakti, Atmajaya, UKI, Untar, Yarsi (5 besar jakarta), punya khas masing2, ga ada yang bisa ngalahin kemampuan lobby k dosen anak trisakti, pendekatan dan interpersonalnya oke banget, sangat disayangkan ga punya RS pendidikan, tapi lulusanya jadi dikenal dimana2 karena disebar seluruh Indo. Atmajaya, juara teori dan textbook tapi untuk praktek relatif,juara nyari bahan (ampe ke kampus orang), tapi interpersonalnya kurang. UKI,RS Pendidikan terbaik di swasta selain Immanuel Bandung (maranatha), raja Trauma, teori relatif, kerja oke banget. Untar dengan Yarsi belum pernah kerjasama.

Anonim mengatakan...

fk UB(Universitas Brawijaya)gak pantes di urutan 13,harusnya ada di urutan 6 dan fk UNS harusnya masuk 10 besar,bukan di urutan 15

Anonim mengatakan...

Untar setahu ane ud 46 tahun tuh,,ud ckup pengalaman kalee...dan bnyk lho ank fk untar yg bersarang di FK Ukrida (gra" DO)...maap nh ank FK Ukrida,,,rules di FK Untar terlalu srict mnurut gw...

Anonim mengatakan...

oh ya,,FK Untar jg ad 2 RS pendidikan utama : 1. RS Sumber Waras..yg ke 2 yg bru tuh, RS Royal Taruma...hehe :)

Anonim mengatakan...

:))

Anonim mengatakan...

udah suit aja =))

Anonim mengatakan...

FK USU is the best .........http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/4.gif

CalonFK mengatakan...

Kakak-kakak calon dokter, mau tanya nih. Kualitas dari FK Unjani gimana sih? Aku minat banget ke FK, kebetulan UNJANI ada PMDKnya. Jadi mau menimbang juga. Gimana pendapat kakak sekalian? Thanks in advance. :)

Anonim mengatakan...

kakeane ,,, do ribut ngopo toh ndes?? udah sini sapa aja yg mau masuk kedokteran ?? fk mana aja aku bisa(fk dijawa) ,, anak ips mau masuk fk bagus jg bisa??

Anonim mengatakan...

inget dulu dah napa kalian ingin masuk ke FK jangan ribut mlulu, kasian tuh adek adek kelas yang pengen masuk FK, yang penting do the best for GOD, ;)

Anonim mengatakan...

pngen msuk ke ui kdoktran,,;))

Rahma Noora Firdayani mengatakan...

assalamualaikum,
kakak2 dokter sekalian, besyukurlah kalian bisa masuk FK nah kami anak SMA yang ingin sekali masuk FK pun belum tentu keterima dan bisa jadi mahasiswa kedokteran, jadi berbanggalah kalian jadi mahasiswa FK :D

anak2 SMA disana ada beribu2 ingin masuk FK dan paling hanya sekian ratus yang diterima, masuk FK itu susah kalian itu sudah dipandang oleh masyrakat kak, aku aja kepingiin jadi seperti kalian, :( do'akan kami kakak2 dokter sekalian supaya bisa jadi adik tingkanmu nanti pas di univeritas manapun yang penting FK aminn ;))

Nadia mengatakan...

Teman-teman semua jangan saling menjatuhkan :)
Tunjukkan seperti apa sih mahasiswa kedokteran itu. Yang penting adalah niat dan usaha kita. Perjalanan untuk menjadi dokter umum saja masih panjang. Dan dokter di Indonesia kan ada standarisasi tesnya. Jadi lebih baik kita memikirkan apa yang kita bisa konstribusikan untuk kemajuan almamater dan bangsa.

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 329   Lebih baru› Terbaru»
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Ada komentar?